Kota Sibolga terletak diantara hamparan bukit barisan, sehingga terdapat berbagai gunung dan perbukitan yang terkombinasi dengan pantai. 

 

Tor Simarbarimbing, Puncak Bukit Aido dan Puncak Tanggo Saratus adalah beberapa perbukitan yang sudah mulai dikelola oleh pihak Pemerintah Kota. Dari atas perbukitan ini akan nampak keindahan teluk Tapian Nauli dengan kota kecil Sibolga baik siang dan malam hari. Di perbukitan ini juga dibangun gajebo-gajebo dari beton yang gunanya sebagai tempat peristirahatan jika para pengunjung lelah. 

 

Tanggo Saratus

Kota Sibolga memiliki banyak tempat-tempat bersejarah dan gambaran dari masa lampau yang penuh dengan perjuangan. Banyak peninggalan-peninggalan bersejarah disamping menjadi objek bersejarah juga bisa dikembangkan menjadi objek-objek pawisata yang dapat diandalkan dari sejumlah peninggalan masa lalu. Yang paling menonjol adalah peninggalan sejarah dari masa penjajahan Belanda. Objek ini dikenal dengan nama Tanggo Saratus walau pada kenyataannya jumlah tangga yang ada berjumlah 293 anak tangga.

 

Benteng Ketapang

Disekitar bukit Ketapang, Kelurahan Sibolga Ilir, terdapat beberapa buah benteng yang dianggap bersejarah dalam perjuangan bangsa. Dari semua benteng, sebagian diantaranya berada di bukit, sedangkan yang lainnya yang dianggap sebagai pondasi dari benteng tersebut terdapat dipuncak.

 

Tor Simarbarimbing

Bagi pencinta wisata pegunungan terutama aktifitas hiking, Tor Simarbarimbing bisa menjadi salah satu tujuan menarik. Pada puncak gunung ini, kita bisa menikmati indahnya pemandangan Teluk Tapian Nauli. Sambil menghirup udara segar kita dapat beristirahat di gajebo–gajebo yang telah tersedia di puncak bukit ini.