Disebut Pemilihan Ogek dan Uning karena Kota Sibolga yang merupakan  daerah pesisir sehingga identik dengan adat dan budayanya. Sebutan ogek uning sendiri merupakan sebutan untuk laki-laki dan perempuan dalam budaya pesisir. Ajang pemilihan putra-putri pariwisata kota sibolga.

Dilaksanakan sekitar bulan oktober setiap tahunnnya. Ajang ini memilih 12 orang (6 pasang) terbaik dan dibina dalam sanggar seni Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga dengan mendapat fasilitas honoraarium setiap bulannya.

Peserta pemilihan ini adalah remaja kota sibolga berusia 16-25 tahun. Melewati beberapa tahapan mulai dari seleksi, karantina, babak penyisihan dan dilanjutkan babak grand final. Ajang ini juga identik dengan pemilihan putra-putri didaerah lain seperti Jaka dara di Medan, Pemilihan Udo dan Uni di Sumatera Barat atau Abang dan None di Jakarta. Pemenang dari kegiatan ini berhak mengenakan pakaian kebesaran adat pesisir dan merupakan duta pariwisata kota sibolga baik dalam event regional maupun event nasional.