PRESS RELEASE PERAYAAN PUNCAK HARI PARIWISATA KOTA SIBOLGA TAHUN 2015

Tema        :     Satu Milyar Wisatawan, Satu Milyar Kesempatan, (One Billion Tourists, One Billion Opportunities )

Sub tema :      Melalui Peringatan Hari Pariwisata Dunia Tingkat Kota Sibolga Tahun 2015, Mari Kita Prioritaskan Pengembangan Sektor Pariwisata Kota Sibolga untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan dan Membuka Peluang Pembangunan Perekonomian Daerah yang Lebih Baik di Kota Sibolga.

Tujuan

                   Adapun Tujuan Pelaksanaan kegiatan ini adalah :

  • Merayakan dan memeriahkan Hari Pariwisata Dunia yang setiap tahunnya dirayakan   oleh   negara-negara    di dunia  yang    tergabung  dalam Organisasi Lembaga Pariwisata  Dunia (WTO : World Tourism Organization), juga dirayakan di tingkat Nasional dan Daerah.
  • Meningkatkan pembangunan sektor kepariwisataan Kota Sibolga sehingga dapat berperan penting dalam pembangunan perekonomian daerah.
  • Melestarikan nilai-nilai positif pluralitas masyarakat, seni budaya, adat istiadat dan kearifan lokal yang ada di Kota Sibolga.
  • Mempromosikan potensi keindahan alam dan objek-objek di Kota Sibolga.
  • Membina, mengembangkan dan melestarikan Seni Budaya Kota Sibolga sebagai aplikasi dari Negeri Berbilang Kaum Perekat Umat Beragama.
  • Memupuk kerjasama dan menjalin silaturahmi di antara para tokoh budaya, masyarakat yang terhimpun dalam Kelompok Sadar Wisata serta seluruh pelaku pariwisata di Kota Sibolga.

 

Peserta

           Peserta pada rangkaian acara ini adalah masyarakat Kota Sibolga yang ikut berpartisipasi baik dari masyarakat umum maupun dari siswa/i Sekolah Menengah Atas maupun Sekolah Menengah Pertama sederajat se-Kota Sibolga.

 

Proses Pelaksanaan

                   Untuk memeriahkan Hari Pariwisata Dunia Tingkat Kota Sibolga Tahun 2015 ini dilaksanakan rangkaian kegiatan dan perlombaan, yaitu :

  1. Penilaian kebersihan hotel bintang dan hotel non bintang, restoran/rumah makan, kedai kopi dan cafe se-Kota Sibolga, dilaksanakan mulai tanggal 7 September 2015 s/d selesai.
  2. Lomba Cerdas Cermat Antar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Kader Pembangunan Kota Sibolga, dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 17 September 2015 bertempat di Pelabuhan Lama Sibolga
  3. Pemilihan Ogek Uning Duta Wisata Kota Sibolga Tahun 2015 s/d 2016, dilaksanakan selama 3 hari, yakni Seleksi Pertama dan Kedua pada tanggal 15 dan 16 September 2015 bertempat di Gedung Serbaguna Lama Kota Sibolga. Kemudian Final dan Malam Grand Final Pemilihan Ogek Uning, dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 26 September 2015 di Gedung Nasional Kota Sibolga.
  4. Jalan santai bersama masyarakat, dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 2 Oktober 2015, dengan start di depan Kantor Walikota Sibolga, dan finish di Lapangan Simare-mare.
  5. Lomba Lari Lintas Wisata Alam, Lomba Pukul Bantal di Atas Air, Lomba Dayung Perahu Tradisional, dan Karnaval 15 Etnis Kota Sibolga, dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 8 Oktober 2015 bertempat di Pelabuhan Lama Sibolga.

 Selanjutnya Pengumuman dan Penyerahan Hadiah bagi Pemenang keseluruhan lomba ini dilaksanakan pada acara puncak Peringatan Hari Pariwisata Dunia Tingkat Kota Sibolga Tahun 2015 yang sedang berlangsung.

Penutup

Demikianlah press release disampaikan.

TERIMAKASIH, SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEKALIAN, HORAS…., MANJUA-JUA…. Oii DUSANAK....